Senin, 12 Desember 2016

7 CIRI-CIRI PENASEHAT SPIRITUAL SEJATI


Penasehat spiritual –Indonesia pernah digegerkan dengan adanya kasus munculnya beberapa guru atau penasehat spiritual palsu, seperti Eyang Subur, Dimas Kanjeng ataupun AA. Gatot Brajamusti. Dengan melihat kasus tersebut, masyarakat diharapkan lebih arif, bijak, dan cerdas dalam memilih penasehat spiritual. Untuk itu, bagi Anda yang membutuhkan hadirnya penasehat spiritual untuk membantu Anda dalam membimbing dan mengarahkan Anda dalam menjalankan kehidupan maka Anda harus betul-betul memahami dan mengenal beberapa ciri-ciri penasehat spiritual di bawah ini. Dengan begitu, Anda diharapkan dapat menemukan sosok penasehat spiritual asli dan sejati yang akan membawa pengaruh positif dalam hidup Anda.

1. Memiliki  akidah keagamaan yang baik
Seorang penasehat spiritual yang baik tentu memiliki akidah dan praktik keagamaan sehari-hari yang baik. Setiap ajaran yang ia berikan pasti mengajak Anda untuk menjauhi tindakan musyrik dan kufur. Jadi, jika Anda bertemu denga orang yang mengaku sebagai penasehat spiritual tapi percaya pada hal-hal yang gaib, musyrik maka sudah jelas ia hanyalah penasehat spiritual gadungan

2. Menunjukkan sikap saleh
Sosok penasehat spiritual asli tentu terlihat saleh. Namun kesalehan tidak dapat diwakili dengan penampilan berpeci dan bergamis. Namun, lebih dari itu, kesalehan dapat terlihat dari sikapnya yang berdasarkan Alquran dan hadist. Kesalehan juga terlihat dari sikap kesehariannya, isi rumahnya, dan bagaimana ia bertutur kata. Jika ia sering berganti-ganti istri, main perempuan, minum minuman keras, memakai narkoba, seks bebas, sering bicara kasar, kotor, maka jelas ia bukan penasehat sejati.

3. Tidak melakukan ritual aneh dan menyesatkan
Penasehat spritual asli tidak pernah mengajarkan hal-hal yang menyimpang dari ajaran agama dan berbau mistis karena adanya pengaruh jin. Bahkan, hal ini diketahui dengan ritual pertapaan atau semedi di lokasi tertentu yang terlihat adanya hubungan dengan dunia gaib. Jika ia memiliki pikiran yang irasional dan mengklaim kesuksesan yang Anda dapat adalah dari hasil kekuatan gaib maka sudah jelas bahwa ia hanyalah seorang penasehat abal-abal. Seorang penasehat spiritual sejati akan mengakui bahwa segala kesuksesan Anda adalah campur tangan Tuhan dan hasil kerja keras Anda, tidak ada sedikitpun kaitan dengan kekuatan gaib.

4. Menempatkan perhatian kepada muridnya, bukan pada diri sendiri
Seorang penasehat spritual yang benar akan selalu menempatkan perhatian kepada muridnya, bukan hanya pada dirinya sendiri saja. Sebaliknya, penasehat spiritual palsu akan selalu menganggap pengikutinya adalah bawahannya dan ia mengaggap dirinya sebagai Tuhan ataupun utusan Tuhan yang memiliki wahyu untuk melakukan sesuatu dalam kehidupan ini. Dengan begitu, penasehat palsu akan memberikan perlakuan spesial pada dirinya sendiri, seperti minta fasilitas mobil mewah, rumah mewah, dan sebagainya.

5. Tidak berorientasi pada uang atau imbalan
Penasehat spiritual yang sejati tidak akan mementingkan uang ataupun hanya mencari keuntungan. Sebaliknya, penasehat spiritual asli akan meminta Anda bersedekah kepada fakir miskin atau yatim piatu tanpa perantara. Jika penasehat Anda memberikan syarat untuk minta diberikan uang, mobil, ataupun benda berharga lainnya maka jelas ia bukanlah penasehat spritual yang baik.

6. Menciptakan aura ketenangan dan kebersamaan dalam diri muridnya
Seorang penasehat spiritual sejati akan menciptakan budaya saling terbuka terhadap muridnya sehingga ia akan memiliki hubungan baik dan harmonis dengan murid. Sebaliknya, penasehat palsu akan membentuk aura ketakutan pada diri muridnya sehingga mereka tidak berani untuk mempertanyakan tentang ajaran dan gaya kepemimpinannya.

7. Membuat murid merasa nyaman dengan dirinya sendiri
Penasehat spiritual yang sejati akan membuat pengikutnya merasa percaya diri dan nyaman dengan dirinya sendiri sehingga mampu membuat keputusannya sendiri. Sebaliknya, penasehat spiritual palsu akan menciptakan sikap ketergantungan dari para pengikutnya sehingga mereka selalu meminta nasihat dan tidak berani membuat keputusannya sendiri.

Demikian beberapa ciri penasehat spiritual yang perlu Anda ketahui. Jika hingga saat ini Anda masih saja belum dapat menemukan penasehat spiritual yang sesuai dengan ciri-ciri di atas, Anda tak perlu khawatir. Untuk itu, Anda perlu mengenal pribadi Bapak HM. Syaiful M. Maghsri sebagai salah satu penasehat spiritual yang terpercaya. Dengan bimbingan dan arahan beliau, Anda akan dibantu untuk menemukan solusi atas semua masalah hidup yang sedang Anda alami sehingga hidup Anda menjadi lebih sehat, sukses, dan bahagia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

Konsultasi