Senin, 12 Desember 2016

6 CARA MENCARI GURU SPIRITUAL ISLAM


Guru spiritual Islam – Bagi beberapa orang, kehadiran guru spiritual sangat penting dalam mengajarkan tentang moral dan ajaran tentang hidup. Dengan banyaknya orang mencari guru spiritual maka makin banyak pula orang yang mengaku dirinya sebagai guru spiritual. Dalam mencari guru spiritual, sebaiknya Anda tidak mudah percaya begitu saja, Anda harus bersikap lebih cerdas, dan jeli dalam mencari guru spiritual. Bagi umat muslim, Anda tentu akan mencari guru spiritual yang sesuai dengan ajaran Islam. Nah, berikut ini beberapa cara mencari guru spiritual Islam yang penting Anda perhatikan dalam menentukan siapa guru spiritual yang tepat bagi Anda.

1. Mencari guru spiritual Islam yang alim, berakhlak mulia
Dalam mencari guru spiritual Islam, Abu Hanifah memilih Abu Ahmad bin Abi Sulaiman dengan kriteria memiliki karakter yang baik. Yaitu alim, berusia lebih tua, santun, dan sabar. Pilihlah guru spiritual yang menggunakan ilmu para nabi, ilmu agama dalam setiap ajarannya. Jika Anda sudah menemukan orang yang tepat maka Anda bisa menjadikannya sebagai guru sekaligus penasehat spiritual Anda.

2. Mencari guru spiritual Islam yang sesuai dengan syariat Islam
Dalam mencari guru spiritual Islam, Anda perlu memperhatikan akidah dan juga praktik keagamaannya, apakah tata cara ibadah salat 5 waktu, puasa, dan ajarannya sesuai Rasulullah Saw. Guru spiritual sejati akan selalu sesuai ajaran dalam Alquran dan hadist dengan menjauhi berbagai bentuk kemusyrikan dan kekufuran.

3. Mencari guru spiritual Islam yang mengajak muridnya meningkatkan iman
Anda tidak perlu terkecoh penampilan beberapa orang yang terlihat saleh dalam mencari guru spiritual Islam. Kesalehan yang sebenarnya bukan terlihat dari penampilan yang bergamis atau berpeci, tetapi terlihat dari ajarannya yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para muridnya, yaitu melalui memperbanyak shalat, membaca Alquran, meningkatkan iklhas dan ridha kepada Allah Swt. Seorang guru spiritual Islam tidak pernah mengajak muridnya melakukan tindakan yang berbau mistik dan syirik, yaitu percaya pada jin atau benda-benda sakit, seperti keris, batu, dan sebagainya.

4. Mencari guru spiritual Islam yang tidak mengajari ilmu sihir
Guru spiritual Islam yang sejati tidak pernah mengajari ilmu sihir. Ia hanya mengajarkan ilmu yang bersumber dari Alquran dan hadist. Ia selalu mengakui kekuatan Tuhan dalam hidup manusia. Sebaliknya, guru spiritual palsu akan mengajak muridnya mempercayai ilmu sihir, ilmu gaib, ilmu hitam, ataupun ilmu santet. Bahkan, sumber ilmu mereka pun tidak jelas. Baginya, kehebatan ataupun kesuksesan yang dirasakan oleh muridnya adalah bukti kekuatan gaib.

5. Mencari guru spiritual Islam yang menguasai ilmu agama
Guru spiritual Islam adalah seseorang yang ahli dalam masalah agama. Ia harus terpilih dari kelompok para ahli agama sehingga Anda bisa mencari guru spiritual Islam dengan mendatangi pondok pesantren karena di sanalah para ahli agama menanamkan ilmunya kepada para muridnya sesuai ajaran Islam yang benar.

6. Mencari guru spiritual Islam yang tidak berpikir duniawi
Guru spiritual sejati tidak mengutamakan kepentingan keuntungan duniawi, seperti harta, barang mewah, kehormatan, pujian, dan sebagainya. Guru spiritual Islam yang sejati terlihat dari ajarannya yang mengajak Anda berbuat baik, seperti bersedekah dan beramal secara langsung kepada sesama yang membutuhkan, saling menghormati dan menghargai sesama, bersikap rendah hati, dan sebagainya. Jadi, seorang guru spiritual sejati akan terhindar dari perilaku buruk seperti berganti-ganti pasangan, mengonsumsi narkoba, minuman keras, free sex, dan sebagainya.

7.Mencari guru spiritual Islam yang ada di dalam diri sendiri
Guru spiritual Islam dapat membantu Anda dalam menemukan guru sejati yang ada di dalam diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih mengenal siapa diri Anda sebenarnya, mengalami pencerahan, dan dapat memasuki tingkat "tercerahkan". Dengan mampu menemukan guru spiritual dari dalam diri sendiri maka hidup Anda akan lebih berkualitas, yaitu lebih tenang, tentram, bahagia, dan semakin dekat dengan Tuhan hingga .

Demikian beberapa cara mencari guru spiritual Islam yang tepat. Jika Anda sudah mempraktikkan beberapa atau semua cara di atas, namun Anda masih saja belum bisa menemukan guru spiritual Islam yang sejati maka Anda sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan Bapak HM. Syaiful M. Maghsri selaku guru spiritual yang dapat membantu Anda dalam menemukan solusi atas semua permasalahan hidup yang Anda hadapi sehingga hidup Anda akan lebih berkualitas, lebih sehat, sukses, dan bahagia.
Baca juga: Bapak HM. Syaiful M. Maghsri, guru spiritual dengan memanfaatkan Ilmu Bioenergi


1 komentar:

Recent

Konsultasi